Mau blog kamu rame? Join di sini

Cara Menghindari Field Kosong Pada Form ( Netbeans )



Sudah cukup lama ga posting artikel, kira2 udah sekitar 2 tahun ga posting.. -_-"
langsung aja kali ya..
Untuk menghindari penyimpanan data kosong ke dalam database ada baiknya form yang kita buat diberi rules (aturan khusus) agar semua JTextField dapat berfungsi dengan fungsinya masing-masing.

masih kurang paham?
ok, di sini saya contohkan:
 misal saya mempunyai 3 buah JTextField, yaitu field1,field2, field3, nah saya ingin semua field harus di isi, ketika semua sudah di isi barulah aksi yang sebernarnya di eksekusi, 
dan jika hanya field 1 yang di isi, nantinya saya ingin ada pesan error.
bagaimana caranya? kita coba pakai fungsi if. gampang kok.
kita pindah ke ruang depan,,hahaha.. buka IDE kalian, bisa pakai eclipse atau Netbeans, di sini saya pakai Netbeans karena sudah include dengan panel untuk mendesign jendela form.

1. design dulu formnya



ini properties variable dari komponen form, jadi kalian tinggal di sesuaikan saja ya, asal gampang di ingat.


2. tambah aksi untuk tombol OK nya, kalian bisa klik 2x di tombol OK 
dan ini sourcenya:



3. running programnya dan ini hasilnya:


selesai.

Naaah, gampang bukan? ini salah satu untuk menghindari penyimpanan data kosong ke dalam database, jadi kalau user tidak melengkapi data sesuai field yang di sediakan maka data tidak akan di simpan sampai field filed yang tersedia benar-benar sudah lengkap di isi.

semoga ini bisa berguna bagi kita apa lagi seperti pemula seperti saya,
namun, bagaimana cara implementasinya di dalam database?
untuk posting selanjutnya akan saya bahas. 
terimakasih telah berkunjung, salam opensource. go opensource indonesia.

2 comments:

Unknown said...

Klo fieldnya udah di isi trus pas mau cari hasil malah muncul isi kolom yg kosong itu gmna ya mas

Anonymous said...

tapi masih bisa disimpan, supaya ga kesimpan gimana yaa?

 
Design by Dendi Pradigta | Bloggerized by Lasantha